iklan adsense

analytics

June 6, 2015

D3 Teknik Sipil Polinema - Praktek Perpipaan

Hai haiii, ada postingan baru nih. judul utama nya praktek perpipaan. disini saya akan menjelaskan atau lebih tepatnya menceritakan bagaimana praktek perpipaan atau yang biasa disebut 'plumbing', di Bengkel Plumbing, gedung Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang.

Praktek perpipaan ini dilakukan selama dua minggu. selama dua minggu itu kta ngapain aja?. Minggu pertama kita melakukan latihan dasar menggergaji pipa. eits, jangan anggap pipa yang digunakan pipa PVC atau paralon yaa, pipa yang digergaji itu pipa galvanis. apa itu pipa galvanis? silahkan tanya si mbah gugel dulu ya. :).


Nah, biar nggak bingung nanti, saya lihatin dulu gambarnya



Nah itu tuh gambar pipa dan hasil gergajiannnya.
Jadi pertama-tama, pipa dipotong dulu sesuai ukuran yang ditentukan sama dosennya menggunakan pipe cutter. kelas saya sih ukuran awalnya yang dipotong dengan pipe cutter 15 cm, kemudian digergaji salah satu ujungnya menjadi 13 cm, nah setelah itu pipa digergaji dengan kedalaman 1/2 diameter sesuai dengan pola seperti pada foto itu.

Oh iya, jumlah pipa dan pola yang digergaji juga ditentukan oleh dosen, kalau di kelas saya sih, harus menggergaji pipa diameter 1/2", 3/4" dan 1" masing-masing 2 buah, dan masing-masing pipa ada 4 pola gergaji lurus dan 4 pola gergaji miring. dan itu semua harus selesai dalam 3 hari. Mungkin bayangan kalian akan lebih mudah, tapi coba aja lakukan.

Setelah menggergaji nih, kami harus mengulir pipa. sudah pada tau belum apa itu mengulir? itu loh, yang seperti gambar diatas, dua pipa yang paling atas itu hasil uliran manual.

Setiap ukuran pipa, ada standart ulirannya masing-masing loh, jadi nggak sembarang bikin uliran

Setelah melakukan latihan dasar secara manual, kami diajari menggunakan mesin. Jurusan kami hanya memiliki 2 mesin, dalam satu mesin itu bisa digunakan memotong, mengulir, sama meratakan bagian dalam pipa. lengkap deh pokoknya. Nanti fotonya bakal menyusul deh.

Teruuuus, apa lagi ya yang perlu diceritakan??

Oh iya, bukan cuma menggergaji sama mengulir pipa aja loh, minggu kedua nih kami ada project kelompok, membuat instalasi. nah kebetulan kelompok saya dapat bagian merancang instalasi watafel. dari saluran air bersihnya sampai saluran air kotor. ada juga kelompok lain yang mengerjakan instalasi urinal (tempat buang air kecil)

Terus apa lagi ya? udah semua deh sepertinya.

Yap, kalau begitu, sampai disini aja yah cerita nggak pentingnya, semoga bisa bermanfaat.

Salam :*

No comments:

Post a Comment