iklan adsense

analytics

December 28, 2014

D3 Teknik Sipil Polinema - \=D/

Menyambung postingan saya sebelumnya, tentang 'Mencari Jurusan', saya pengen sharing aja nih tentang jurusan yang sudah saya pilih diantara banyaknya pilihan jurusan. Teknik Sipil

Jadi beberapa minggu lalu mungkin, saya juga sudah memposting tentang teknik sipil di Polinema, kalau kalian belum baca, silahkan deh dibuka.

Oh iya, sebelumnya nih saya minta maaf pada siapapun yang baca. mungkin saya belum banyak tahu juga tentang teknik sipil di Polinema, maklum lah, baru juga masuk.


Okedeh, langsung aja. Kalian pada tau nggak sih kenapa saya milih jurusan teknik sipil? pada nggak tau ya? alasannya sepele sih, karena saya nggak suka kimia, dan saya maunya menghindari kimia. Bagi kalian yang berpikiran "teknik itu pure fisika sama matematika" kalian salah besar. nggak semua jurusan teknik pure fisika sama matematika. ada loh yang matkulnya kimia.

Terus apa sih yang dipelajari di Teknik Sipil? terutama Teknik Sipil Polinema nih?
Oke, akan saya jawab.
Jadi, bagi yang belum tau, saya di POLINEMA -Politeknik Negeri Malang-, ambil Prodi D3 teknik Sipil. kenapa? bisa dibaca disini.
D3 Teknik sipil itu mempelajari apa saja?
mungkin saya akan jelasin yang semester satu aja dulu kali ya. karena kan saya masih semester satu.

PERTAMA, Mekanika Rekayasa
Matkul ini nih kata dosen saya yang bernama Bpk. Armin Naibaho, adalah gabungan antara Matematika dan Fisika. Ya, memang sih. Teori-teori fisika bnyak dipakai disini. Mungkin kalau di Universitas namanya bukan Mekanika Rekayasa, tapi Mekanika Teknik. Dasarnya sama saja kok. hanya namanya saja yang berbeda.






Kurang lebih, matkul Mekanika Rekayasa seperti foto-foto diatas itu deh. jangan khawatir, jangan takut bagi yang fisikanya ogah-ogahan, asalkan kalian nggak membenci fisika aja, kalian bisa deh nerima pelajaran ini :D

Yang KEDUA, Gambar Teknik
Nah, dari namanya aja pasti sudah pada tau kan, bagaimana kuliah ini. iya, cuma gambar-gambar aja kok. awalnya, kalian cuma disuruh gambar titik, garis, angka, huruf, nah akhir-akhirnya nih, kalian bakalan disuruh gambar rumah. komplit deh pokoknya. dari mulai denahnya sampai pondasi-pondasinya segala. sayangnya nih saya gapunya gambarnya.
Bagi kalian yang nggak bisa gambar, jangan takut, Allah tidak akan memberi hambanya cobaan melampaui batas kemampuan hambanya kok. jadi, kalian pasti bisa, meskipun nilainya nggak jauh-jauh dari angka 6 seperti saya ini :p

Nah, Yang KETIGA nih, ada Matematika Terapan
Eh, sudah ada Mekanika Rekayasa kok masih ada Matematika Terapan sih? Iyadoong, hidup kalian tidak akan jauh dari matematika. disini beda kok sama mekanika rekayasa, kalau mekanika rekayasa kan lebih menonjolkan fisika, nah ini jelas matematikanya. tapi disini yang dipelajari ya penerapannya. misalnya nih menghitung upah pekerja, menghitung volume bangunan. banyak deh.

Yang KEEMPAT, ada Teknologi Bahan
Matkul satu ini nih, mempelajari mengenai apapun itu tentang bangunan. dari karakter bahan-bahan bangunan, cara menghitung kekuatan bahan, cara menghitung kebutuhan bahan bangunan yang akan digunakan, apapun deh. Matkul ini perlu banget baca buku. karena beberapa teori-teori penting perlu banget dihafalin, seperti karakter semen, kapur, jenis-jenisnya, banyak deh.
Bagi yang nggak suka baca, suka-sukain deh, paksa suka aja. biasain baca. kan bisa karena terbiasa.

Yang KELIMA, matkul Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Nah, bagi jurusan teknik sipil, penting banget nih mempelajari K3. karena pencapaian terbesar anak sipil kan bekerja di proyek pembangunan, harus tau lah minimal, bagaimana K3 itu. lagi-lagi nih, kalian perlu baca. kalau nggak, mungkin nggak akan bisa. tapi jangan khawatir, di POLINEMA, quis K3 nya open book kok, khususnya di jurusan Teknik Sipil, dengan dosen pembimbing Bpk. Dandung Novianto

Yang KEENAM nih, ada matkul Ilmu Ukur Tanah
Pada mata kuliah ini nih, mempelajari tentang pengukuran. bagaimana ketinggian tanah di suatu tempat, bagaimana perlakuan yang cocok untuk tanah itu sebelum didirikan bangunan, banyak deh. dan matkul ini ada prakteknya loh.
Jadi prakteknya menggunakan alat, waterpass sama theodolit



Nah itu tuh, beberapa gambar temen-temen saya yang sedang melakukan pengukuran.

Selain beberapa matkul diatas, ada juga mata kuliah wajib loh, jadi dalam matkul wajib ini, nggak boleh dapetin nilai C. sekali aja dapet C, langsung DO (Drop Out). atau di Polinema istilahnya PS (Putus Studi). apa saja sih?

Pertama, Kewarganegaraan (KWN)
Lagi-lagi nih, kalian bakal ketemu sama pelajaran ini. saya inget banget bagaimana dosen pengajarnya pertama kali masuk. beliau menanyakan, kenapa kalian masih diberi matkul ini. jawabannya macem-macem deh. di matkul ini, nggak cuma mempelajari kewarganegaraan biasa, dosen pembimbingnya akan mengaitkan matkul dengan dunia kerja anak teknik sipil nanti. paling banyak sih dikaitkan dengan dunia kontraktor

Kedua, Pancasila
Loh, sudah ada Kewarganegaraan kok ada Pancasila sih? iya. kedua matkul ini beda, tapi banyak juga persamaannya. sama dengan matkul KWN, dosennya akan mengaitkan matkul dengan kehidupan sehari-hari, jadi tiap kuliah, dosen akan mencari satu masalah yang lagi banyak diperbincangkan, nah kita mahasiswanya yang mennanggapi masalah tersebut. jadi anak teknik sipil diajari untuk lebih peka terhadap masalah sosial sekitar. nggak cuma peka sama bangunan ajaa.

Ketiga, Bahasa Indonesia
Dari SD kelas satu sampai Kuliah semester satu pun masih dikejar-kejar sama nih Bahasa Indonesia. Tapi jangan khawatir, Bahasa Indonesia ini sedikit berbeda. di Teknik Sipil Polinema nih, goal nya matkul ini, mahasiswanya bisa bikin TA (Tugas Akhir) semacam skripsi gitu deh.

Selain Matkul diatas, anak D3 Teknik Sipil Polinema juga ada prakteknya loh. Nah yang diberikan di semester satu nih, Praktek Batu. 

Jadi, kami-kami diajarin bagaimana jadi tukang. Eh, tapi jangan salah tangkap ya. maksudnya disini, kami-kami belajar seperti itu, agar kami tahu susahnya menjadi tukang, jadi kalau nanti kami-kami jadi atasan, nggak nyuruh dan nggak memarahi tukang seenaknya. Kurang lebih begitu deh kata dosen kami, Bpk Suselo.

ini nih ada beberapa foto waktu lagi praktek batu






Okedeh, perlu saya pertegas lagi yaa, matkul-matkul yang sudah saya jelasin diatas, cuma matkul yang didapat waktu semester satu dan itupun untuk prodi D3 Teknik Sipil. buat anak D4 beda lagi.

Kalau D4, praktek bengkelnya bengkel kayu, entah kapan mereka praktek bengkel batu. dan untuk matkul wajibnya, mereka mempelajari KWN, Pancasila, sama Agama. bukannya yang D3 nggak dapet Agama dan D4 nggak ada B.Indonesia ya. ada kok, tapi belum dapet aja. :)

Sampai disini deh cuap-cuap nggak pentingnya. semoga dari catatan tak penting ini, bisa diambil yang penting-penting. 

Terima kasih bagi yang sudah membaca, dan semoga bermanfaat. :))


10 comments:

  1. mmkasih y kak.. tulisany sgt brmnfaat.. klau blh tau, akreditasi teknik sipil polinema skrang apa y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mengunjungi. Maaf saya jarang buka blog jadi jawabnya agak telat.
      Kemarin setau saya masih b soalnya kemarin2 masih blm punya gedung sendiri. dan baru tahun 2014 kemaren gedungnya diresmikan, dan tahun ini kalau nggak salah mau ada akreditasi lagi.

      Delete
  2. makasih cuap cuapnya mbak.. akreditasinya untuk sekarang ini apa ya? terima kasih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk DIV (Manajemen Rekayasa Konstruksi) akreditasinya A, untuk DIII (Teknik Sipil) akreditasinya B. bisa di cek di http://ban-pt.kemdiknas.go.id/ terima kasih sudah berkunjung, maaf lama balasnya soalnya jarang ngecek komentar2nya. semoga bisa membantu :))

      Delete
    2. Kalau ada pertanyaan mendesak bisa langsung email saya aja yah, lely311@gmail.com :))

      Delete
  3. Kalau d4 manajemen rekayasa konstruksi itu persaingan nya ketat gak kak,soalnya saya juga sudah daftar pmdk sama bidikmisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei maaf sekali telat balas. Kalau masalah persaingan saya tidak begitu paham. Hihi

      Delete
  4. ARTIKEL INI SANGAT MENGINGATKAN SEWAKTU KULIAH DI POLINEMA..

    ReplyDelete