iklan adsense

analytics

December 28, 2014

Mencari Jurusan dengan Prospek Kerja Oke? Disini!!!

Liburaaaaaaaan \=D/ *lihat kalender* ah udah jalan seminggu nih, telat deh. ah tapi gapapa liburan belum berakhiir \=D/

Liburan gini saya jadi keinget beberapa tahun lalu, mungkin sekitaran setahun lalu deh. pas liburan semester satu, waktu masih ES-EM-A kelas tiga. 

Waktu-waktu liburan nih saya ga pernah absen buka tuh mbah gugel, dan selalu ngetikin "jurusan dengan prospek kerja bagus" di halaman utamanya. tiap hari tuh saya buka, tapi keywordnya beda-beda, yang intinya cari jurusan yang prospek kerja kedepannya oke.

Kok nyari itu sih? kenapa?

Ya iya dong,
secara sudah menginjak kelas tiga SMA, dan yang pasti sudah dikejar-kejar sama pihak BK, suruh memutuskan jurusan yang akan diambil buat ikutan jalur SNMPTN.

Sebenarnya saat-saat itulah yang paling menyebalkan. saat kalian belum punya cita-cita pasti. saat kalian nggak tau apa yang sebenarnya kalian mau. saat kalian bimbang untuk sedikit melangkahkan kaki untuk memutuskan sesuatu. dan disaat itu guru BK kalian mengatakan "Terakhir setelah liburan ya".

Pasti nih kalian yang lagi duduk di bangku kelas TIGA SMA juga lagi bingung-bingungnya menentukan jurusan apa yang oke buat kalian. ya kaaaan?

Oke langsung saja, saya disini tidak akan merekomendasikan apa-apa. saya hanya mau mengatakan pada kalian semua, terutama bagi yang lagi galau menentukan pilihan jurusan yang oke.

Sebenarnya, bukan masalah jurusannya yang oke, tapi kalianlah yang harus dibuat 'oke' untuk menempati jurusan itu. maksudnya nih, pilih saja jurusan yang menurut kalian pas, cocok dengan kemampuan kalian, mungkin bukan kemampuan aja, karena nggak banyak juga yang sadar diri akan kemampuan masing-masing. jadi, pilih aja jurusan yang kalian suka.

Maksudnya 'SUKA' disini, suka sama pelajaran dasarnya. misalnya nih kalian suka fisika sama matematika, kalian bisa ambil jurusan teknik, atau ilmu murni fisika atau matematika. Tapi jangan ambil teknik pertanian yaa.

Dan, satu lagi hal yang paling penting, setelah menentukan jurusan, tentukan universitas mana. nah kalau ini nih kalian bisa browsing aja di mbah gugel. kalian bisa melihat dari prestasi-prestasi tiap universitas. misalnya nih, Universitas Airlangga terkenal dengan jurusan kedokterannya yang bagus. yaa, gitu-gitu deh pokoknya. 

oh iya, sesuaikan juga kalian mau menjadi apa denga jurusan yang diambil itu. misalnya nih kamu suka matematika, tapi mau jadi dosen. mending jangan ambil pendidikan, ambil aja ilmu murni. nah kalau suka matematika dan pengen jadi guru, ambil aja pendidikan matematika. 

Dan misalnya suka fisika, tapi gamau jadi pengajar. kepengennya mempelajari penerapan fisikanya. ambil aja jurusan teknik. teknik sipil misalnya seperti yang saya ambil ini :D

nah. sampai disitu dulu yah cuap-cuap nggak penting nya. semoga dari catatan tak penting ini, isinya bisa menjadi penting dan bermanfaat bagi semuanya. Terima Kasih :D









































No comments:

Post a Comment