iklan adsense

analytics

July 26, 2014

Perjuangan ke Polinema \=D/

Mungkin postingan saya kali ini bisa disebut telat. Ya, saya memang terkadang suka telat, termasuk telat untuk mensyukuri sesuatu yang telah diberikan Allah.

Alhamdulillah, saya sudah menjadi MABA nya Polinema (Politeknik Negeri Malang) tahun 2014-2015. Saya baru merasa sangat bersyukur atas itu baru beberapa minggu belakangan ini. Kenapa? Entahlah. Kalau boleh berkata jujur, ada yang nge-ganjel banget di hati beberapa minggu lalu. Saya kayanya belum bisa terima kalau saya masuk D3 Teknik Sipil nya Polinema. Sampai teman saya yang namanya Panca bilang "Yang aku tau, kamu nggak bersyukur" pas aku tanya apa aku salah ngerasain itu. Dan akhirnya, setelah sekian lama, dari tanggal 20 Juni, saya sekarang bisa benar-benar bersyukur atas apa yang Allah takdirkan ini setelah saya inget inget bagaimana perjuangan saya yang nggak bisa disebut 'perjuangan besar' itu.

Sedikit cerita saja ya.
Jadi saya diterima di Polinema melalui Jalus SB-UMPN (Seleksi Bersama Ujian Masuk Politeknik Negeri). Awalnya memang saya ragu buat ikut jalur ini, setelah saya benar-benar ditolak melalui seleksi nilai rapor. Setelah mikir dua hari dua malam *ah lebay*, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftarkan diri, dengan pilihan pertama saya D3 Teknik Sipil. Kalau ditanya kenapa milih teknik sipil, mungkin karena di SBMPTN - yang pendaftarannya lebih dulu - saya juga milih Teknik Sipil, jadi saya mau konsisten sama pilihan saya. Tapi kalau ditanya, kenapa milih D3, karena memang saya awalnya nggak tau kalau Polinema punya D4 buat teknik sipil yang di list nya itu namanya 'Menejemen Rekaya Konstruksi'.

Nah, setelah bayar biaya pendaftaran dan isi mengisi form pendaftarannya, saya tinggal nunggu tesnya. Tes nya diadakan tanggal 14 Juni, pukul 8.00 di kampus Polinema Soekarno Hatta. Nah, dari sini perjuangan kecil saya dimulai.

Sebelumnya saya mau cerita sedikit. jadi saya saat itu sedang mengikuti bimbingan belajar buat SBMPTN, dan berakhirnya itu tanggal 13Juni. Sehari sebelum tes UMPN itu saya tetep masuk Les, padahal dua teman saya yang ikut tes sejenis itu pada sibuk belajar buat siap siap. Sedangkan saya? di tempat les saja saya lebih sering ngobrol, karena memang saat itu tentor yang ngajar matematika nya nggak oke banget.

Nah, sepulang les saya juga nggak buka buku sama sekali. saya nyantai. malah, orang tua saya ngajakin jalan. mungkin beliau beliau pada nggak tau kalau saya besok ada tes kali ya. kalau diajakin jalan, jawaban saya pasti satu. YA. 

Di tengah jalan jalan itu, ada satu teman saya. namanya..... sebut nama nggak ya. dia biasa dipanggil gentong. dia nge WA saya. minta diajarin matematika, saya tanya yang bab apa. matematika kan banyak tuh. Dia bilangnya yang soal-soal TO UMPN. Jadi kemarin, beberapa hari sebelum tanggal 13 itu, saya fotocopy soal TO UMPN itu, itu soalnya gentong yang nggak tau juga dia dapet dari mana. Saat itu, jujur aja. dalam hati saya agak kesel. lagi asik jalan, masa' iya harus dipusingin sama soal-soal. Tapi saya cuma jawab 'aku lagi nggak di rumah ini' entah balesannya apa, tapi saya jadi nggak tega. kalau bisa ajarin sambil jalan-jalan, kenapa enggak. Eh tapi berhubung saya juga lupa-lupa ingat sama caranya, dan dia juga gamau buka buku lagi, jadi saya nggak jadi ajarin dia.

Tapi pas udah di rumah, saya hubungin dia, dan saya ajarin deh. meskipun cuma beberapa nomer aja. Tapi dari situ, saya jadi belajar dan buka buku. saya coba deh tu ngerjain soal-soal matematika. Matematika aja yaa. Fisika sama Kimia? Jangan ditanya deh. nggak saya intip sedikit pun bahkan

Paginya, saya harus berangakat pagi banget dan diantar saudara saya satu satunya. Pake apa? Motor. Kebayang deh capeknya naik motor ke Malang, hari sabtu pula. saat itu juga saya ngebatin 'kalau nggak lolos, rugi banget'

Saya sampai di Polinema jam setengah delapan. untungnya, saya langsung nemu tempat tesnya. jadi tinggal nyari ruang aja. Beberapa menit setelah duduk di bangku dengan meja yang bernomer 111455, tes dimulai. Sebelumnya, pengawasnya LJK dulu, suruh ngisi. terus bagiin soal, lamaaaaa banget buat di suruh buka nya. sebelum di suruh itu, pak pengawas nya nyuruh kami berdoa. nah saya berdoa deh. baca sholawat banyak banyak. dan begitu dibuka soalnya, Alhamdulillah. saya bersyukuuuuur buanget. soal matematikanya sama kayak soal TO yang saya kerjain semalam. Sama disini bukan kembar yaa. sama tipe, tapi beda angka aja.
selesai ngerjain soal MM, beralih deh ke Fisika, Kimia, B.Indonesia, B.inggris. Selancar apapun ngerjain matematika, tapi saya cuma bisa ngerjain masing-masing lima soal Fisika sama Kimia. B.Indonesia sama B.Inggris, nggak tau deh. oh iya, beberapa soal B.Indonesianya ga jelas banget perintahnya apa. jadi ya nggak banyak saya isi juga.

Dan akhirnya setelah tiga jam setengah, soal-soal nya mulai ditarik sama pengawasnya. nah pas penarikan soal itu, bapaknya tanya kapan pengumumannya. Eh, ternyata nggak ada yang tau, akhirnya dijawab sendiri deh sama bapaknya kalau pengumumannya tanggal 20 Juni. Saat itu juga saya langsung bingung. nah lo, kenapa cepet banget. kalau keterima gimana. Tapi akhirnya saya nggak mikir itu lagi, soalnya saya mikirnya nggak bakalan keterima. haha

hmm, perjuangan kecil saya nggak sapai disitu, pulangnya yang lebih parah. Jalanan pada macet. Kaki, punggung, pantat, pada pegel semua. Kepala jadi sakit banget, kelamaan pake helm. Saya bener bener kasian sama kakak saya yang rela banget nganterin saya ke Malang buat tes. Tapi saya nggak berani berdoa saat itu. saya nggak berani berdoa buat di lolosin. karena emang saya awalnya nggak pernah kepikiran buat masuk Polinema. sama sekali.

Dan pas hari pengumuman, saya nemuin nama sama no peserta saya di list nya prodi D3 Teknik Sipil. Alhamdulillah. Saya bersyukur. saat itu saya juga keinget sama gentong. Kalau gentong nggak minta diajarin, mungkin saya nggak bakalan belajar, nggak bakalan bisa ngerjain soal MM selancar itu. Tapi sayangnya Gentong nggak lolos.  Mungkin belum waktunya buat gentong.

Meskipun awalnya saya nggak bisa menerima dengan ikhlas, tapi inget perjuangan yang nggak bisa dibilang besar itu, saya jadi bersyukur. Saya juga sangat berterima kasih sama gentong. sama panca juga yang selalu mau baca curhatan-curhatan saya saat saya belum bisa menerima ini. Ah, saya jadi terharu deh keinget kalian. :')

Yang sudah bersedia baca, makasi yaa. semoga bermanfaat :))




4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kaaaak.. ada contoh soal buat latihan2 nggak kak. Saya tahun ini mau ngelanjut ke poltek ini kak. Mohon bantuannya :)
    Email saya kak cssetyawaan@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh telat bgt yah. soal soal aku udh hilanngg. maaf yahh

      Delete
  3. Kak kaku boleh tau nilai raport rata rata nya berapa ya supaya bisa diterima?

    ReplyDelete