iklan adsense

analytics

May 4, 2013

Menangis, bermanfaat kah?

Menangis. Menangis? Oooh, Menangis. Menangis itu, mengeluarkan air mata, karena ada parasaan 'aneh' dalam hati. Dan, itu terjadi secara alami loh.



Kenapa disebut perasaan 'aneh'. Karena, terkadang seseorang tidak tahu, kenapa dia bisa menangis. Mungkin, saat menangis, dia akan mengatakan. "Aku menangis karena ini, itu", Tapi, begitu tangisnya berhenti, dia akan mengatakan "Kenapa aku menangis karena ini, itu?". Itu terjadi karena memang ada sesuatu di hati, yang entah apa itu. Mungkin itu emosi kita. Mungkin.

Nah, baru aja nih, saya iseng browsing. Karena saya memang penasaran, ada nggak sih, manfaatnya menangis?. Eh, ternyata ada. Ya, emang sih saya tau, menangis itu bisa meluapkan emosi, menumpahkan semuanya. Tapi selain itu, ada lagi loh.

Menangis bisa meningkatkan mood. Kenapa?. Karena Air mata yang dihasilkan dari menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

Terus, menangis juga bisa mengeluarkan racun. Kok bisa?. Iya, ternyata nih, air mata hasil dari menangis itu, mengandung racun. Maksudnya, racun-racun itu keluar dari tubuh bersama air mata, melalui mata kita.

Ada lagi, menangis bisa mengurangi stres. Mungkin semua orang udah pada tau manfaat yang satu ini, karena menangis kan meluapkan emosi, melegakan perasaan, pastinya juga mengurangi stres. Tapi, bukan cuma itu. Dengan menagis, ternyata bisa juga mengeluarkan hormon stres, yang disebut endorphin leucine-enkaphalin. Selain mengurangi stres, ternyata dengan menangis, bisa juga melawan penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh stres, seperti 'tekanan darah tinggi'.

Nah, yang saya sebutin diatas masih beberapa aja, yang perlu diketahui. Yang WOW. 

Meskipun udah nyebutin sekalian ngejelasin, saya juga belum tau, menangis karena nonton film atau baca novel, bisa ngambil manfaat diatas apa nggak.

Okelah, lupakan saja pertanyaan itu. Semoga postingan ini bermanfaat. :D

No comments:

Post a Comment