iklan adsense

analytics

March 18, 2017

Time to PKL -YEAY-

Hai haiiiii... Setelah setahun lamanya -entah setahun atau hanya beberapa bulan- blog ini tak terurus, akhirnya di sela-sela kegabutan PKL saya menyempatkan untuk mengurusnyaa.

Okedeh, langsung saja. Kali ini saya akan memposting salah satu rutinitas yang saya jalani di semester tua (read : semester akhir) selama dua bulan. Apa itu?
dumdumdumdum..... *suara drum ala-ala

Praktik Kerja Lapangan biasa disebut PKL. okedeh, siapa disini yang tidak mengetahui sama sekali apa itu PKL? silahkan googling dulu kalau begitu.. wkwkwk.


Jadi PKL itu semacam magang, tapi kita nggak digaji. mungkin ada kali yah yang digaji, entahlaah. yang pasti kita semacam mencari ilmu di suatu perusahaan, di lapangan istilahnya. nah tujuan dari PKL ini salah satunya untuk menyiapkan kita menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya setelah lulus. itu kenapa PKL di programkan di semester akhir. Di kampus saya sih di semester akhir. beda kampus beda yaah. hahaha

PKL ini dilakukan selama 2 bulan, dari tanggal 20 Februari sampai 15 April, dilakukan secara berkelompok. satu kelompok ada 2 sampai 3 mahasiswa. Kalau kelompok saya sih ada 3 orang *siapa yang tanya.

Then... selama 2 bulan itu ngapain aja sih? itu salah satu pertanyaan saya sebelum tanggal 20 Februari. Dan barulah saya tau setelah menjalaninya selama seminggu  kalau PKL itu 'do nothing'. wkwkwk.

Sebenarnya ada sih yang dikerjakan, misalnya, foto-foto di lapangan. oh iya, saya belum cerita dimana saya PKL.

Jadi sudah tau kan kalau saya kuliah D3 Teknik Sipil, otomatis saya PKL di perusahaan konstruksi. saya PKL di proyek pembangunan Waduk Bendo Ponorogo di salah satu kontraktor BUMN yang mengerjakan proyek tersebut. gak perlu disebut nama perusahaannya kali yaah.

Okedeh lanjuut. 

Selama dua bulan, saya dan dua teman saya yang ketjeh-ketjeh itu ikut membantu bapak-bapak dan mas-mas yang sudah bapak-bapak mengerjakan sedikit pekerjaan mereka, misalkan backup data, laluuu backup data, laluu backup data. Iyaa, kami hanya disuruh backup data. wkwk

Tapi terkadang salah satu dari kami diajak ke tempat pengujian beton, ke tempat Batchingplan, meskipun hanya sekedar mengamati, setidaknya kami sedikit tau.

Di lapangan pun terkadang kami juga tanya-tanya ke beberapa orang disana bagaimana proses pengerjaannya. tapi kadang juga hanya duduk-duduk saja di pos bareng orang-orang K3, atau kadang juga duduk-duduk di warung sambil minum es campur. wkwkwk

Selama satu bulan ini, kegiatan kami hanya itu-itu saja sih, bisa dibilang lumayan santai. Kalau ditanya, "Kamu PKL dapet apa?" mungkin kami hanya bisa menjawab "Kami mendapat pengalaman".

Ya.. thats true. kami memang mendapat pengalaman. meskipun tidak banyak setidaknya kami tau bagaimana orang-orang bekerja, bagaimana harus bersikap di tempat kerja, bagaimana harus mengatur waktu. yaaa seperti itulah.

Selesai sampai sini saja cerita sayaa. semoga dari Catatan Tak Penting ini bisa diambil sesuatu yang Penting. salam.. :)))


Q : Nggak ada foto?
A : saya terlalu malas untuk mengunggahnya. thanks


-Thanks-

No comments:

Post a Comment