iklan adsense

analytics

April 9, 2019

Urus SKCK di Polres Sidoarjo. Bagaimana?

Hai readers... sesuai dengan judulnya, aku mau share, gimana sih cara bikin SKCK? ini berdasarkan pengalaman aku bikin SKCK di Polres Sidoarjo yaa. kebetulan baru banget kemarin (8 April 2019) aku perpanjang SKCK disana.

Jadi kalau mau bikin SKCK di Polres Sidoarjo, harus melakukan pendaftaran, semacam isi formulir gitu di website yang telah disediakan. Coba saja cari di google dengan keyword 'skck sidoarjo' pada pencarian paling atas bakal muncul link websitenya, seperti di bawah ini





Nah, perihal harus daftar dulu di website itu ternyata masih banyak yang belum tau loh. Kemarin pas datang ke lokasi, ada beberapa orang yang harus dibantu daftar oleh petugas. hmmm. Oke, balik lagi. Setelah dapat link itu, di klik link nya dan bakal langsung diarahkan ke halaman awal.Akan ada dua pilihan. Daftar Baru dan Perpanjangan. 


Bagi yang belum pernah sama sekali bikin SKCK, atau registrasi di web itu, pilih yang daftar baru dan bakal muncul halaman seperti ini. 

Daftarnya pakai NIK, setelah klik daftar, nanti akan dapat password dan bakal isi semacam formulir. Isi formulirnya kurang lebih data diri biasa, juga ada pilihan bikin SKCK buat apa.

Nah kalau utuk perpanjangan, bakal diarahkan untuk login, seperti ini

Hanya memasukkan NIK kamu yang telah terdaftar, dan password yang dulu banget pernah dikasih pas daftar. Kalau lupa? tinggal klik menu lupa password di bawahnya. Setelah masuk, bakal ngisi formulir juga, keperluan bikin SKCK, NIK, data diri biasa, seperti awal daftar, dengan klik terlebih dahulu pengajuan perpanjangan


Nah setelah selesai isi formulir, klik lanjutkan, dan akan muncul halaman yang menginformasikan kode pengurusan yang nanti digunakan saat datang ke Polres untuk dapetin SKCK nya. Halaman itu bisa di download versi PDF nya. 


File PDF yang udah di download kira-kira tampilannya seperti itu yaa. Kode pengurusan berlaku selama satu bulan sejak kode tersebut diterbitkan, disitu ada tanggal berlakunya. Sebaiknya kode tersebut dicetak untuk memudahkan petugas biar petugasnya gak perlu nulisin kode pengurusan lagi di berkas kamu.

Nah dibawah halaman itu ada pemberitahuannya, kalau sebelum datang ke Polres harus melakukan pembayaran terlebih dahulu 30K. Disitu sudah dicantumkan nomor rekeningnya yaa. Bisa transfer melalui ATM juga, bagi yang punya ATM BRI, lumayan gak kena biaya admin, yang penting ada bukti pembayarannya, dan bayarnya harus di hari yang sama saat kamu datang ke Polres. Setauku, bisa juga pakai M-banking, mungkin bukti pembayarannya bisa dicetak. Kalau gak punya ATM BRI, dan males keluar uang lebih buat bayar biaya transfer antar bank 6.5k, bisa bayar lansung di Bank BRI yang ada di Polres Sidoarjo. Tinggal isi slip setoran, disana ada slip khusus pembayaran SKCK kok.

Terus, berkas apa aja nih yang harus dibawa? nah, di website sksk sidoarjo tadi sebenernya sudah ada list berkas yang harus dipersiapkan, ini contohnya

Nah, udah jelas kan... Oh iya, di web itu tertulis fotonya sebanyak 3lembar, tapi kemarin pas datang ke polres, ada banner yang bertuliskan cara-cara pengurusan, nah disana ditulis fotonya 4lembar. jadi, buat siap-siap saja, siapkan foto lebih yaa.

Nah, setelah berkas langkap sudah siap, alurnya begini nih
Pertama, datang ke Polres Sidoarjo, Ke Bank BRI yang ada didalam Polres (pintu masuk polres belok kiri) buat bayar 30K, disitu petugas bank akan nanyain berkas kita, tinggal serahin aja berkasnya, nanti dijadikan satu sama bukti bayarnya oleh petugas di bank itu. Kalau sudah bayar via ATM, bisa langsung ke alur kedua

Kedua, langsung menuju kantor pengurusan SKCK, dari BRI, keliatan jelas banget, ada tulisan SKCK Online di temboknya. Dari pintu masuk polres, belok kanan. dari BRI, luruuus aja. Nah, disana kita tumpuk berkas yang diperlukan di meja informasi, nanti ada petugas yang akan memanggil nama kita.

Nah, setelah dipanggil, untuk pendaftar baru, diarahkan untuk pengambilan sidik jari terlebih dahulu di dalam ruangan. Aku lupa, harus ambil nomor antrian atau engga. Bagi yang memperpanjang, langsung ambil nomor antrian di dalam ruangan yg sama dengan pengambilan sisik jari

Setelah nomor dipanggil, SKCK dicetak di kertas biasa, kita periksa ada salah ketik atau engga, baru dicetak di kertas SKCK yang seharusnya. 

Nah setelah dapat SKCK nya, lebih baik di fotocopy untuk dilegalisir. barangkali dibutuhkan legalisirannya kann. Nah tempat fotocopy ini ada diluar Polres. dari pintu keluar Polres, belok kanan. kalau dari pintu masuk polres, belok kiri. lokasinya berseberangan dengan polres, ada di perempatan pas. Aku sih biasanya FC disitu yaa. gak tau lokasi lainnya.

Setelah SKCK di FC, 5lembar (gak tau boleh lebih apa engga), FC-an nya di tumpuk di meja petugas legalisir. Kalau sudah, nama kita bakal dipanggil.

Dan, SELESAI. SKCK sudah bisa digunakan dengan semestinya

Setelah dua kali urus SKCK di hari yang berbeda, aku ada tips nih buat kalian yang mau urus SKCK di Polres Sidoarjo
  1. Siapkan berkas dengan benar
  2. Kalau datang di hari sabtu, lebih baik datang pagi-pagi banget, biar gak antri lama
  3. Kalau datang di hari kerja (senin-jum'at) datang agak siangan boleh saja, soalnya sepi, gak banyak antrian. 10-15 menit sudah bisa balik pulang.

Okedeh, sekian catatan tak penting ini, semoga bisa diambil yang penting saja. SALAM ^^

No comments:

Post a Comment